Jamu Dapat Melengkapi Pengobatan Konvensionalr. Dokter dapat mendukung pemasyarakatan jamu. Keterlibatan dokter malah sangat membantu penggunaan jamu secara aman.
Hal itu dikemukakan Ketua Umum
Perhimpunan Dokter Herbal Medik Indonesia Hardhi Pranata, Kamis (7/12).
Seperti diberitakan sebelumnya, Kementerian Kesehatan tengah berupaya menyaintifikasi jamu dengan membentuk jejaring penelitian berbasis pelayanan kesehatan yang didukung oleh para dokter. Semakin digiatkannya pemasyarakatan penggunaan jamu karena keprihatinan sulit berkembangnya jamu di Tanah Air. Padahal, jamu yang penggunaannya sudah beratus tahun itu telah dirasakan khasiatnya.



Dia mengatakan, selama ini, dokter terbentuk cara pandangnya untuk diagnostik dengan standar medis konvensional dan terbukti akurat. Namun, untuk terapi, baik preventif, promotif, rehabilitatif, kuratif, maupun paliatif, sebetulnya dapat dikembangkan sehingga tidak hanya menggunakan pendekatan konvensional. Salah satunya dengan mengikutsertakan jamu di dalamnya.

Di China, misalnya, telah tersedia terapi integratif. Pasien untuk terapi kuratif atau penyembuhan sudah pada tahap dapat memilih menggunakan herbal, pengobatan konvensional, atau kombinasi keduanya.  ”Sebetulnya, pengobatan konvensional dan jamu tidak perlu dipertentangkan sepanjang itu menggunakan standar ilmu pelayanan dan keamanan yang tinggi. Dokter dengan ilmunya justru dapat mengembangkapotensi tersebut dan nantinya memasyarakatkan penggunaannya secara aman,” ujarnya.  Di Indonesia, agar tidak terjadi benturan dengan standar medis yang sudah ada, penggunaan jamu oleh dokter yang turut serta dalam saintifikasi jamu sebatas untuk preventif dan promotif.

Perhimpunan Dokter Herbal Medik Indonesia baru berdiri pada Juni 2009 dan telah diakui oleh Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia. Menurut Hardhi, para dokter, terutama dokter muda, antusias dengan peluang menggabungkan praktik kedokteran konvensional dengan jamu atau herbal. Walaupun masih terbilang baru, terdapat 200 dokter bergabung dalam perhimpunan tersebut. (INE)  Jamu Dapat Melengkapi Pengobatan KonvensionalJumat,

8 Januari 2010 | 03:08 WIBSumber: http://kesehatan.kompas.com/read/2010/01/08/03084357/Jamu.Dapat.Melengkapi.Pengobatan.Konvensional





artikel terkait:
  1. minuman obat Bawang Putih
  2. minuman tradisional Ranbutan
  3. minuman kesehatan daun binahong
  4. minuman herbal daun sirih merah

0 komentar:

Posting Komentar